Sejarah Kertas

Me Sebelum adanya kertas manusia menuliskan pengetahuan pada benda-benda yang bisa diukir atau digores misalnya : kulit kambing, daun lontar, tulang bahkan lempengan batu yang disebut tablet. Penggunaan media-media tersebut sangat tidak praktis dan membutuhkan waktu untuk mengukir diatas permukaan media tersebut.

Menurut sejarah yang tercatat, kertas pertama kali diperkenalkan pada tahun 105 SM oleh Tsai Lun seorang pejabat pengadilan pada kekaisaran dinasti Han di Cina. Akan tetapi sesungguhnya sejarah pembuatan kertas terentang jauh hingga ke masa Firaun di Mesir, dimana saat itu orang Mesir sudah mampu membuat lembaran papirus yang dibuat dari tanaman papirus yang banyak terdapat di tepian sungai Nil.

Akan tetapi karakteristik kertas yang dibuat di Cina jauh lebih baik dari pada papirus di Mesir. Kertas buatan Cina sangat halus dan mudah ditulis dengan tinta, sehingga kertas banyak digunakan sebagai media tulis menulis yang populer. Hal inilah yang menyebabkan peradaban Cina lebih maju dibandingkan dengan peradaban lain di masanya karena penyebaran ilmu pengetahuan lebih mudah dilakukan dengan cara menuliskannya dan menyebarkannya ke seantero negeri.

Me Pada mulanya proses pembuatan kertas sangat dirahasiakan oleh bangsa Cina, sampai akhirnya bangsa Arab berhasil menaklukkan Cina pada pertempuran Talas di tahun 751 Masehi dan mendapatkan cara pembuatan kertas dari orang Cina yang menjadi tawanan. Tercatat dalam sejarah pabrik pembuatan kertas oleh orang muslim pertama kali didirikan di Samarkand.

Hingga kemudian teknik pembuatan kertas menyebar sampai ke Eropa dan sekitar tahun 1439 Johannes Guttenberg merevolusi penggunaan kertas dengan memperkenalkan mesin cetak, sehingga proses reproduksi dokumen yang semula ditulis tangan satu persatu kini dapat dilakukan dengan lebih cepat.




Kertas vs. Digital

MePeradaban manusia yang semakin maju menimbulkan ledakan informasi yang sangat masif, hampir setiap hari kita dihadapkan dengan berbagai macam dokumen yang terbuat dari kertas. Tagihan listrik, Faktur, Ijazah, Sertipikat tanah, Memo, Surat Keputusan dan lain sebagainya merupakan contoh dokumen-dokumen yang dicetak diatas kertas. Kertas yang memiliki karakteristik praktis sebagai media tulis menulis di sisi lain mempunyai kekurangan diantaranya : kertas sangat mudah rusak, hilang dan tercecer. Selain itu membutuhkan tempat penyimpanan yang sangat besar untuk menampung ribuan dokumen penting dan membutuhkan biaya mahal. Kekurangan lain dari dokumen berbentuk kertas sangat sukar untuk dicari bila volumenya sangat besar

Di sisi lain perkembangan pengetahuan manusia memunculkan teknologi komputer digital dan internet yang mulai menggeser peran kertas sebagai media untuk menyebarkan ilmu pengetahuan dan dokumen, sempat muncul ide Papperless sekitar tahun 1990-an, tetapi hingga sekarang ide tersebut tidak benar-benar terlaksana, kita hanya bisa melakukan Lesspapper hanya mampu mengurangi jumlah pemakaiannya saja tanpa bisa menghapuskannya 100%.

MeWalaupun teknologi digital mulai mengambil alih peran kertas namun tentu saja tidak semua peran kertas bisa digantikan dengan teknologi digital, misalnya untuk pembuatan dokumen-dokumen resmi kenegaraan , dokumen resmi pribadi dan institusi seperti pembuatan Ijazah/Diploma, Perjanjian antar negara dan lain sebagainya.

Kertas

  • Sudah digunakan sejak dulu
  • Digunakan semua orang
  • Diakui secara hukum
  • Membutuhkan ruang penyimpanan yang khusus dan besar
  • Sukar dicari bila volume dokumen sangat besar
  • Mudah Rusak, Hilang atau Tercecer
  • Biaya Perawatan Mahal

Digital

  • Relatif baru, teknologi sudah matang
  • Mudah dicari
  • Baru diakui secara hukum
  • Mudah di pindahkan
  • Tidak Mudah Rusak, Hilang atau Tercecer
  • Biaya Perawatan Murah
  • Membutuhkan ruang penyimpanan yang sedikit
  • Belum digunakan semua orang
  • Perlu perangkat lunak dan keras


MeTetapi dokumen tidak hanya berupa teks saja, ada pula dokumen dalam bentuk lain misalnya suara, video dan gambar yang lebih populer dengan sebutan multimedia (karena medianya beragam). Sangat sukar sekali untuk menyimpan file multimedia analog dengan cara dokumentasi tradisional, misalnya dalam bentuk kaset audio analog , kaset video analog, foto dan negatif film.

MeSolusi yang paling mudah untuk mengatasi masalah-masalah tersebut adalah dengan men-digital-kan semua media analog tersebut ke dalam format digital. Tetapi perangkat lunak untuk managemen dokumen digital berharga sangat mahal dan hanya cocok untuk perusahaan berskala besar, sedangkan untuk perusahaan kecil / individual / lembaga lain yang tidak memiliki dana yang cukup solusi ini mungkin tidak dapat dipertimbangkan

Namun itu cerita lama, sekarang ada perangakat lunak pengelola dokumen dengan harga terjangkau!!! Khusus untuk perusahaan kecil dan menengah dengan anggaran terbatas.

Memperkenalkan DigitAllDocs® solusi perangkat lunak pengelola dokumen digital dengan kemampuan luar biasa dengan harga terjangkau. Berikut ini adalah kelebihan DigitAllDocs dibandingkan dengan Digital Document Management System lainnya :

Feature

  • Mudah digunakan, dengan user interface yang sederhana mudah dipakai oleh siapapun
  • Referensi Silang, mengkaitkan satu dokumen dengan dokumen lainnya. Misalnya surat masuk dan surat keluar yang merupakan
    jawaban dari surat masuk tersebut dapat di referensi silang (cross reference)
  • Document Binder, mengumpulkan beragam dokumen dalam suatu ikatan binder sehingga mudah ditemukan lagi
    misalnya mengumpulkan semua dokumen yang berkaitan dengan suatu proyek, sehingga bila ada proyek sejenis kita dapat belajar dari proyek sebelumnya dengan hanya melihat binder
  • Document Tagging, membuat tag untuk mengingatkan pada suatu dokumen
  • Support Multimedia File, mampu menyimpan file video, audio , gambar dan secara virtual dapat menyimpan file dalam format apapun
  • Built in Document Viewer, melihat file yang disimpan dalam database tanpa harus menggunakan aplikasi pembukanya
  • Local database, menggunakan SQLite3 tanpa perlu instalasi server
  • Kebutuhan hardware minimal, berjalan di Windows XP, Windows Vista, Windows 7 dan Windows 8.
  • Dapat membuat database baru
  • Database mudah diganti
  • Scan langsung dari Scanner, dapat men-scan dengan scanner dengan driver Twain
  • Lima Kategori Dokumen, Surat Masuk, Surat Keluar, Kartu Nama, Dokumen Keuangan, Dokumen Lainnya

Surat Masuk

Scan dan dokumentasikan surat yang berasal dari luar organisasi / unit organisasi sebagai arsip digital sebelum disampaikan kepada yang menerimanya.

Surat Keluar

Scan dan dokumentasikan surat yang akan dikirimkan ke luar organisasi / unit organisasi sebagai arsip digital.

Kartu Nama

Scan dan dokumentasikan Kartu Nama sebagai pengganti buku kartu nama atau rolodex.

Dokumen Keuangan

Scan dan dokumentasikan bukti transaksi keuangan, dengan fasilitas pengelompokan.

Dokumen Lainnya

Kategori ini digunakan untuk dokumen yang tidak masuk dalam 4 kategori sebelumnya dan bersifat bebas bisa diisi apa saja.
Anda bisa memasukkan file multimedia (Musik, Film, Rekaman Suara), Rancangan AutoCAD, Scan Partitur Lagu, ZIP File, Office Documents dan lain-lain.

Cocok Untuk

Secretary

Sekertaris

Mendokumentasikan Surat Masuk, Surat Keluar, Kartu Nama, Kontrak, Surat Perjanjian, Client Entertaintment Bill, Dokumen Keuangan dan dokumen Lainnya.

Pengacara

Kantor Pengacara

Menyimpan Berkas Acara Pemeriksaan, Berkas Dakwaan, Berkas Pembelaan, Bukti Video, Bukti rekaman suara, Bukti Foto, Tagihan dan dokumen lainnya.

Engineer

Kontraktor

Scan berkas Tender, Lelang Pekerjaan, Pengalaman kerja perusahaan, Gambar AutoCAD, Dokumen Keuangan, Daftar tenaga ahli, RAB Proyek dan dokumen lainnya.

Consultant

Konsultan

Dokumentasi berkas Tender, Pengalaman kerja perusahaan, Berkas Tagihan, Dokumen Keuangan, Daftar tenaga ahli, RAB Proyek dan dokumen lainnya.

Accountant

Akuntan & Keuangan

Mendokumentasikan Surat Masuk, Surat Keluar, Kartu Nama, Kontrak, Surat Perjanjian, Client Entertaintment Bill, Dokumen Keuangan dan dokumen Lainnya.

Blogger

HRD / Prod. House

Menyimpan berkas lamaran, ijazah, CV karyawan dan calon karyawan, Surat Keputusan, Surat Pengangkatan, Surat Peringatan, Talent Casting dan lain-lain.

CSS3

Event Organizer

Mengarsip berkas Kontrak, Material Promosi, SIUP, Pengalaman kerja perusahaan, TDP, Dokumen Keuangan, Daftar tenaga ahli, Jadwal Event dan dokumen lainnya.

HTML5

Artist Management

Mengelola Berkas Kontrak, Dokumentasi Artis, Berkas Tagihan, Dokumen Keuangan, Penawaran Kerjasama, Pembayaran Honor asisten dan dokumen lainnya.

Accountant

Sekolah

Mengelola Surat Masuk, Surat Keluar, Ijazah, Akte Kelahiran, Daftar Nilai, SK Pengangkatan guru, SK Mutasi, Kwitansi / Nota Pembelian Barang dan dokumen Lainnya.

Blogger

Kursus dan Bimbel

Menyimpan berkas lamaran tenaga pengajar, ijazah, CV pengajar dan calon karyawan, Surat Keputusan, Surat Pengangkatan, Bukti pembayaran, Daftar Nilai dan lain-lain.

CSS3

Notaris

Mengarsip Surat Masuk, Surat Keluar, Kartu Nama, Kontrak, Surat Perjanjian, berkas Akta Jual Beli, Perjanjian, Sertipikat tanah, Kwitansi pembayaran dan dokumen lainnya.

HTML5

Artist Management

Mengelola Berkas Kontrak, Dokumentasi Artis, Berkas Tagihan, Dokumen Keuangan, Penawaran Kerjasama, Pembayaran Honor asisten dan dokumen lainnya.


Tentang Kami

DigitAllDocs® adalah perangkat lunak pengelola dokumen digital. Jika selama ini anda kesulitan dalam mencari dokumen anda, segera beralih ke DigitAllDocs®

Berbeda dengan perangkat lunak pengearsipan digital lainnya, DigitAllDocs® dilengkapi dengan berbagai fitur yang memungkinkan anda mengatur dokumen digital dengan lebih baik.

Contact us

Mohammad Yusuf
P: 08787-6979-118
E: sales.digitalldocs@gmail.com
Pin BBM : 7DD1FE8E


Follow us