• Apakah scanner itu?



    Courtesy HowStuffWorks.com

    Pada prinsipnya mesin scanner sama dengan mesin foto copy. Namun berbeda dengan mesin foto copy yang menggunakan listrik statis pada plat photoconducing untuk membentuk gambar lalu mengikat butiran toner yang ditaburkan padanya dan mentransfer toner pada sehelai kertas, mesin scanner menangkap image dari dokumen yang di scan pada sebaris sensor CCD yang merubah foton menjadi elektron.

    Elektron inilah yang kemudian disimpan sebagai bit-bit data yang membentuk file digital. Kualitas dari hasil scan itu sendiri sangat bergantung pada resolusi yang dipilih, kedalaman warna serta kompresi data yang digunakan.

    Ada berbagai macam jenis scanner di pasaran, namun yang paling sering digunakan adalah yang berjenis flatbed dan desktop. Jenis-jenis scanner tersebut berkaitan juga dengan jenis pekerjaan yang lebih banyak dilakukan oleh orang yang menggunakan scanner tersebut.

    Beberapa scanner sudah dilengkapi dengan pengenalan karakter (Optical Character Recognition/OCR). Dengan menggunakan OCR anda dapat mengedit kembali teks asli dari dokumen yang telah di-scan. Sementara tanpa OCR teks anda hanya berupa gambar yang tidak dapat diolah kembali dengan pengolah kata (word processor).

    Dibawah ini kami sajikan artikel yang lebih lengkap mengenai scanner.

    Untuk kebutuhan scanner kami dapat membantu anda, silahkan hubungi marketing kami di : 08787-6979-118

  • Tips & Trik Scanner

    Banyaknya pilihan scanner kadang membuat pengguna awam menjadi bingung untuk memilih scanner yang cocok untuk dibeli.

    Berikut adalah tips untuk memilih scanner :

    • Volume pekerjaan, jika dokumen yang anda scan sangat banyak setiap harinya pertimbangkan yang mempunyai kecepatan tinggi
    • Bentuk dokumen, jika dokumen kertas mendominasi dokumen anda, gunakan tipe desktop yang memiliki ADF, namun bila buku lebih banyak pertimbangkan flatbed atau projection.
    • Jenis pekerjaan, jika anda membutuhkan scanner yang mudah dibawa kemana saja, maka pilih yang portable. Untuk pusat arsip tentu saja pilih yang berkecepatan tinggi.
    • Keuangan, perhatikan juga anggaran biaya untuk pengadaan. Scanner dengan kemampuan luar biasa lebih mahal dibandingkan dengan yang standar.
    Blog example image

    Dokumen yang terlalu lebar dibandingkan lebar scanner tidak dapat di scan dengan cara dilipat menjadi dua. Jika anda lipat menjadi dua dan dimasukkan ke dalam scanner yang memiliki ADF maka dokumen akan macet di dalam mesin.

    Untuk mengatasinya gunakan Carrier Sheet yang disediakan oleh Scanner pada saat anda membelinya.

    Carrier Sheet adalah plastik transparan tebal yang digunakan untuk scanning dokumen yang tidak bisa ditarik oleh ADF misalnya kertas yang terlalu kecil atau jika dokumen ditarik akan menimbulkan "papper jam".

  • Jenis-jenis Scanner

    desktop

    Bentuknya mirip dengan printer namun tidak bisa untuk mencetak dokumen hanya berfungsi sebagai scanner. Dilengkapi dengan Automatic Document Feeder (ADF) yang memungkinkan melakukan batch processing (menumpuk lebih dari satu dokumen dan menscan semua tumpukan satu persatu).

    Beberapa model memiliki kemampuan untuk melakukan duplex processing (melakukan pemindaian dokumen bolak-balik dalam satu kali proses / one pass duplex system). Hanya untuk dokumen yang berupa lembaran kertas, buku tidak bisa dipindai kecuali dengan melepas bindernya terlebih dahulu.

    Model ini biasanya sudah dilengkapi dengan modul OCR untuk mengubah gambar menjadi dokumen yang dapat diedit atau dapat dicari (searchable document)

    flatbed

    Scanner jenis ini mirip dengan mesin foto copy. Terdapat permukaan kaca yang dibawahnya terdapat lampu yang bergerak untuk memindai dokumen. Scanner ini biasanya digunakan oleh desainer grafis dan semata mata digunakan untuk keperluan memindai dokumen menjadi digital tanpa ada fungsi lainnya. Resolusi scanner jenis ini sangat tinggi hingga 1600 dpi. Bisa melakukan pemindaian dokumen lembaran dan buku hingga ukuran kertas A3. Harga relatif lebih mahal.

    hybrid

    Scanner jenis ini merupakan gabungan flatbed dengan desktop untuk mengakomodir scan dokumen berbentuk lembaran dan buku.

    Blog example image

    Scanner jenis ini mirip dengan flatbed scanner namun memiliki fungsi lain sebagai printer dan foto copy. Model ini memiliki resolusi standar 600 dpi dan biasa digunakan di rumah atau SOHO (Small Office Home Office) karena kepraktisannya dan harganya yang terjangkau.

    Blog example image

    Cocok digunakan pada perusahaan jasa pemindahan dokumen digital karena memilik kecepatan scan yang sangat cepat, beberapa model mempunyai kecepatan hingga 135 ppm (simplex) dan 270 ipm (duplex) scan warna dan hitam putih pada resolusi 200 atau 300 dpi.

    Blog example image

    Merupakan scanner yang berukuran sangat kecil dan kompak, bentuknya bisa berupa balok kecil panjang dengan cara dokumen di umpankan ke page feeder atau ada yang scannernya disapukan ke dokumen atau ada juga yang berbentuk mouse. Untuk penggunaan scan pada buku pilih yang berbentuk balok panjang. Untuk dokumen dalam bentuk kecil misalnya nota, bon, kwitansi bisa menggunakan mouse scanner.

    Blog example image

    Scanner ini memiliki teknologi yang berbeda dari scanner jenis lain, scanner ini menggunakan teknololgi non kontak, terdapat kamera yang merekam dokumen dibawahnya. Cocok untuk menscan buku dan dokumen tebal lainnya dengan lebih nyaman, anda tinggal membalik halaman buku untuk men-scan halaman berikutnya.

  • Harga Scanner

Istilah-istilah seputar Scanner

dpi2

Resolusi adalah kepadatan data digital yang dapat dicapai oleh scanner, diukur dalam satuan dpi (dot per inch). Semakin besar resolusi semakin baik gambar yang dihasilkan, namun resolusi tinggi akan menghasilkan file yang berukuran besar serta waktu scan dan waktu untuk menampilkan gambar yang lebih lambat.

Resolusi 150dpi untuk dokumen surat sudah memadai, sedangkan untuk foto cukup 300dpi karena standar lab foto menggunakan resolusi 300dpi, scan dengan resolusi 600dpi tidak akan menambah resolusi namun hanya akan menambah besar ukuran file menjadi 2x lipat

bit_depth_differences

kedalaman warna diukur dengan satuan bit, 1 bit melambangkan satu warna hitam atau putih saja. Semakin besar bit nya maka akan semakin besar gradasi warna yang dihasilkan misalkan 24 atau 42 bit. Gambar hitam putih adalah gambar 8-bit, dengan tingkat gradasi abu-abu hingga 256. Gambar berwarna yang di scan dengan 24-bit scanner memiliki lebih dari 16 juta warna.

Sama halnya seperti resolusi semakin besar bit yang digunakan semakin besar file yang dihasilkan. Warna 16 bit menggunakan 2 byte untuk setiap pixel, warna 24 bit menggunakan 3 byte untuk setiap pixel dan warna 32 bit menggunakan 4 byte untuk setiap pixel.

Namun mata manusia hanya bisa mengenali gradasi warna hingga 10 juta saja, lebih dari 16 juta tidak dapat dipersepsi oleh mata manusia sehingga hanya akan menambah besar file.

twain_logo

adalah driver yang umum digunakan oleh perangkat lunak untuk berhubungan dengan scanner. Bila scanner memiliki driver twain maka scanner tersebut dapat langsung dikontrol dari software yang mendukung driver Twain. DigitAllDocs® mempunyai kemampuan untuk berhubungan dengan scanner ber driver Twain, sehingga anda dapat menggunakan scanner langsung dari aplikasi DigitAllDocs.

Untuk scanner yang tidak mempunyai driver twain, maka proses scanning dilakukan terlebih dahulu pada hard disk dan file hasil scanning baru di muat ke DigitAllDocs®.

figure1

adalah alat yang memungkinkan untuk secara otomatis menarik dokumen ke dalam mesin scanner dan melakukan proses pemindaian, dengan ADF anda tinggal menumpuk dokumen yang akan dipindai dan secara otomatis scanner akan memindai dokumen satu persatu. Sangat memudahkan anda yang memiliki tumpukan dokumen yang sangat banyak.
Blog example image

Secara teknis simplex scanner mempunyai hanya satu sensor, sehingga proses scanning harus dilakukan dua kali dengan membalik sisi yang berbeda, dengan simplex system anda harus membalik dokumen untuk memindai sisi lainnya jika dokumen anda adalah dokumen dua sisi. Jadi proses scanning membutuhkan dua kali lewat dan kedua sisi dokumen harus secara manual di pindai.

Flatbed scanner adalah contoh scanner simplex

Blog example image

dengan duplex system anda tidak perlu membalik dokumen untuk memindai sisi lainnya jika dokumen anda adalah dokumen dua sisi. Jadi proses scanning hanya membutuhkan satu kali lewat dan kedua sisi dokumen secara otomatis di pindai, kecepatannya kurang lebih 2xPPM kemampuan scanner tersebut.

Secara teknis duplex scanner mempunyai dua sensor sekaligus, sehingga proses scanning dilakukan secara bersamaan untuk sisi yang berbeda.


tinggi tinggi


Download DigitAllDocs® sekarang juga!!! Selamatkan dokumen anda sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi.

Tunggu apa lagi?

DOWNLOAD SEGERA

   * syarat dan ketentuan berlaku

Our customers

Themeforest
Codecanyon
Graphicriver
Photodune

Tentang Kami

DigitAllDocs® adalah perangkat lunak pengelola dokumen digital. Jika selama ini anda kesulitan dalam mencari dokumen anda, segera beralih ke DigitAllDocs®

Berbeda dengan perangkat lunak pengearsipan digital lainnya, DigitAllDocs® dilengkapi dengan berbagai fitur yang memungkinkan anda mengatur dokumen digital dengan lebih baik.

Contact us

Mohammad Yusuf
P: 08787-6979-118
E: sales.digitalldocs@gmail.com
Pin BBM : 7DD1FE8E


Follow us